Pages

Thursday 2 May 2013

arti dari sebuah kata...


Sebuah arti kata pernah dikatakan bahwa derajat kebahagiaannya sama dengan ketika kita memadu cinta dengan pasangan bila kita dapat menjalaninya dengan baik , atau mungkin arti dari sebuah kata tersebut bahkan lebih membuat kita merasa menjadi diri kita sendiri dan derajat kenyamanan nya sama dengan orang yang sudah menikah. Ya kata yang sedang  saya bahas kali adalah "SAHABAT"



Tak usah mencari di Wikipedia, google, bing dll untuk mencari apa arti dari kata sahabat. Tak perlulah berguru kepada eyang subur untuk mencari arti kata sahabat sedangkan eyang sendiri gapernah bersahabat dengan arya wiguna dan adi bing slatem.. eh slamet. Tak perlulah kita teriak-teriak DEEE-MIII TUHAAAN versi film “300” untuk kick prajurit sewaan xerxes ke dalam sumur kecuali kita udah gaada temen sehingga perlu teriak kayak gituan. Sungguh gaperlu. Dan sungguh penting kalo kalian nge-SKIP paragraf ini ke paragraf selanjutnya :p

Kali ini saya ga akan langsung ngebahas ke inti dahulu.  Jadi sedikit intermessi lah..

Setiap manusia tentu tak akan dapat hidup sendiri. Itu udah jelas. Di buku sosiologi juga udah jelas manusia adalah makhluk social yang harus selalu memenuhi kebutuhan baik itu fisik maupun psikis. Kebutuhan fisik itu ya bisa berupa makan, minum, BAB, pipis, liatin cewek err.. pake jersey bola Chelsea  #KTBFFH #ini bukan promosi# #balik ke topik asal #GGMU #gampaar. Sedangkan kebutuhan psikis bisa berupa kasih sayang, rasa nyaman, rasa dibutuhkan, rasa cinta dan rasa extrajoss juga, mungkin.. jadi intinya antara dua kebutuhan manusia itu harus seimbang.

Begitu juga dengan hubungan pertemanan. Hubungan ini merupakan bentuk kebutuhan psikis manusia. Pertemanan untuk bisa jadi sebuah persahabatan itu sebenarnya mudah jika kita adalah orang yang supel dan gampang gaul. Tapi untuk jadi orang yang supel dan gampang gaul itu sulitnya minta ampun. Jadi beruntunglah kalian yang supel dan gampang gaul hehe..

Tapi banyak nilai plus jika kita udah punya sahabat yang bener-bener klop. Meskipun kita orangnya ga gampang gaul, tapi Kita dapat menjadi diri kita sendiri dengan sahabat kita. Becanda sampek urat ketawa putus juga boleh, nangis sampek air mata harus beli lagi di tukang gallon juga boleh. Berteman dengan teman yang klop juga bikin kita ga harus berpenampilan baik. Boleh keluar Cuma pake sempak doang. Ato yang cowok boleh kok keluar sama sahabat ceweknya pake kolor model superman diluar. Kalo mau sih.. saran aja superman kekar. Nah ente ? :p

SAHABAT DO & DON’T

Pengalaman  saya sendiri punya orang yang udah dianggep sahabat itu enak banget kalo mau cerita apa aja. ngomongin kejelekannya misalnya. Gausah lah kita ngomongin kejelekan itu di orang lain. Utarakan aja langsung di depannya, ya tentu dengan style omongan masing-masing yg sekiranya ga bikin beliau sakit hati atau tersinggung. Tapi ada beberapa orang yang kadang ngomongin dibelakang. Ya emang kita juga gabisa ngontrol orang mau ngomong gimana, tapi seenggaknya kalo kita tahu beliau ngomongin kita di blakang, kita bisa ngingetin daripada ngomongin belakang ,dosa, kan lebih enak di depannya apalagi itu ke sahabat kita sendiri, jadi lebih gampang kan ngomonginnya ?  :). Lebih cepat tahu lebih cepat kita instropeksi.
Sebagai sahabat kita juga harus paham ada do and do not yang harus kita tahu. sebagai sahabat, kita  juga ga harus tau setiap masalah yang dihadapi sahabat kita. Intinya kita tetap harus jaga privasinya. Jangan maksa untuk ceritain apa yang lagi dia rasain kalo dia emang belum siap mau cerita. Kecuali kalo ia sendiri yang mau cerita ya kita dengerin aja atau mungkin kita bisa memberikannya solusi. Pada prinsipnya jadilah orang yang selalu ada buat sahabat kita meskipun ga harus ada secara fisik, tapi seenggaknya kita selalu peduli dengan dirinya. Karena rasa dianggap dan rasa dibutuhkan itu  yang membuat orang merasa nyaman saat berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain.





SAHABATAN TAPI JARANG KETEMU ATAU LONG DISTANCE FRIENDSHIP

Ngomongin sahabat yang udah jauh maksudnya kayak LDR gitu (tapi ini sama sahabat) untuk jaga hubungan tetap klop itu ga gampang. Pasti kita semua pernah ngerasain hal ini. Kesibukan yang berbeda membuat kita jarang sekali berhubungan dengan sahabat kita. Atau mungkin jika bertemu, pertemuan itu bisa bentar banget. Kita jarang dapat kabar dari dia tapi tiba-tiba dia udah berbadan dua, atau tiba-tiba saat pulang kuliah atau kerja udah ada undangan nikahan dia di rumah. Nah loo kita jadi bingung kan harus pake batik karya Victoria secret atau playboy mansion… *PLAAAK*

Dari contoh itu aja sebenernya bisa kita minimalisasi dengan bersikap Layaknya pasangan LDR. Kita bisa sekali-kali ngehubungi sahabat kita baik itu lewat sms atau telpon.  Trust me, telpon sahabat yang udah lama ga ngomong trus cerita panjang lebar itu rasanya kayak telpon sahabat yang udah lama ga ngomong trus cerita panjang lebar. Cerita ngalor ngidul, curcol dan lainnya bisa kita omongin selama yang kita mau, sejam mah pasti ga akan kerasa deh, DEEE-MIII TUHAAAAN......................



Karena memulai sebuah komunikasi yang baik dengan siapapun lebih baik daripada membuat simulasi di dalam otak sendiri namun tanpa sebuah aksi.

PERSEPSI PERUBAHAN SAHABAT

 “dia udah berubah”.
 “dia udah punya temen baru saya kok dilupain”.
  “dia kok akrab sih sama temen barunya”
Saya yakin pasti semua orang juga pernah ngerasain hal ini termasuk saya sendiri. Kita sendiri juga kadang ngerasa cemburu tanpa sebab jelas. Jika sudah begini mungkin hanya ada satu solusi. Yaitu “rasa percaya”. Just it. Percaya aja kalo ia juga ga akan lupain kamu sebagai sahabatnya. Percaya aja kalo ia lagi cari dunia baru dan kesibukan baru buat ngembangin bakatnya mungkin. Tugas kita simple. Hanya percaya aja :) .kalo seandainya kita ga betah dengan rasa ga percaya ini, ya ngomongin aja dengan beliaunya langsung. Dengerin juga argumentasinya. Karena keterbukaan merupakan langkah awal untuk hubungan persahabatan yang lebih baik.

Mungkin cukup sampai sini aja isi tulisan kali ini, karena dikejar kuliah juga, maaf juga kalo tulisannya terkesan menggurui karena ini berdasarkan pengalaman pribadi sih hehe..


Dan pada akhirnya, persahabatan dalam menjalani hubungannya sepintas memang hampir sama dengan orang yang berpacaran. Harus ada rasa percaya dan keterbukaan. Namun yang membedakannya adalah sahabat merupakan orang yang selalu bangga dengan kelebihanmu namun juga selalu menerima dengan tangan terbuka untuk setiap kekurangan yang kamu miliki. Tak segan mengejek , agar kamu mengerti kekuranganmu, dan mengritikmu, agar kamu termotivasi untuk memperbaikinya. Berkata kejelekanmu di depanmu dan berkata prestasimu kepada orang lain.





that's the end..
BYE !
salam hidung!




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Post a Comment